Saturday, January 28, 2017

Router dan Switch




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Router dan Switch ".Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Telnet dan SSH, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang Telnet dan SSH. Bisa lihat link di bawah ini :


Yak langsung saja....

Kita bahas dulu Router...





Router




Apa sih yang dimaksud dengan router itu ? Router adalah Sebuah perangkat keras ( Hardware ) yang berguna untuk jaringan komputer dan router ini digunakan untuk mengirimkan paket data lewat sebuah jaringan komputer atau jaringan internet. Di dalam sebuah router terdapat banyak fitur yang di sediakan oleh developer agar para konsumen bisa dapat menggunakannya sebagai alat yang digunakan untuk membuat / membangun sebuah jaringan bahkan membagi jaringan tersebut.

Setiap Router memiliki spesifikasi yang berbeda - beda tergantung kebutuhan yang ingin digunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer atau jaringan internet. Jadi pilih lah router yang sesuai kebutuhan untuk membangun sebuah jaringan komputer atau jaringan internet. Oleh karena itu kita harus mengetahui tentang router , jenis - jenis router dan fungsi routernya. Sebelum membeli sebuah router kita harus tau spesifikasinya , jenisnya dan fungsinya harus sesuai kebutuhan untuk membangun sebuah jaringan.

Fungsi Router

Router mempunyai fungsi utama, yaitu untuk menghubungkan dua jaringan atau lebih untuk memforward paket data dari satu jaringan ke jaringan yang lainnya. Router juga bisa digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke jaringan besar, menghubungkan jaringan local ( LAN ) ke jaringan Public ( Internet ) dan juga bisa untuk membagi sebuah jaringan ke dalam beberapa Subnetwork untuk keperluan suatu perusahaan atau kantor untuk meningkatkan manajemennya,

Jenis Router

Router itu memiliki beberapa jenis, yaitu :

~ Router Hardware

Router Hardware adalah sebuah perangkat keras yang memiliki kemampuan seperti router yang dapat digunakan untuk membangun sebuah jaringan. Router Hardware dapat membagikan IP Address dan membagi jaringan internet pada suatu tempat atau wilayah. Contoh dari router ini adalah Access Point, dan tempat atau wilayah yang mendapatkan IP Address dan koneksi ke internet di sebut Hot Spot Area.

~ Router PC

Router PC Adalah dimana ada sebuah komputer yang di modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa digunakan sebagai router, Router PC juga bisa membagikan IP Address kepada clientnya, jadi jika ada suatu perangkat yang terhubung ke Router PC akan dapat IP Adress atau koneksi internet yang disebarkan oleh Router PC Tersebut. Router PC mempunyai sistem operasi misalnya Windows Server dan Mikrotik OS ( Router OS ).

~ Router Aplikasi

Router Aplikasi adalah sebuah aplikasi yang bisa kita install di sebuah Sistem Operasi ( OS ). Sehingga sistem operasi ( OS ) tersebut bisa memiliki kemampuan seperti router.

Router

Wireless Router

Nah sekarang kita lanjut ke Switch....


Switch


Apa sih yang dimaksud dengan Switch itu ? Switch adalah sebuah perangkat keras ( Hardware ) yang berguna dalam membangun sebuah jaringan dan switch ini bisa menghubungkan banyak komputer. Switch punya fitur MAC Addressing jadi switch bisa memilah paket data yang mana akan di forward ke tujuannya masing - masing.

Fungsi Switch

Switch mempunyai beberapa fungsi di antaranya yaitu :

~ Untuk manajemen lalu lintas jaringan yang di pakai untuk mengirim data ke tujuan secara tepat dan cepat.
~ Dapat menjadi Repeater.
~ Berfungsi untuk menghubungkan kabel - kabel UTP antara komputer yang 1 dengan komputer yang lainnya.

Jenis Switch



Switch mempunyai 2 jenis, yaitu :

~ Manageable Switch

Manageable Switch adalah switch yang dapat kita konfigurasi sesuai dengan kebutuhan network kita agar lebih maksimal sehingga bisa kita atur untuk kebutuhan jaringan tertentu. Di manageable switch ada yang namanya Switch Layer 3, apa itu switch layer 3 ? Switch layer 3 adalah switch manageable yang mempunyai penambahan fungsi, yaitu bisa melakukan routing jadi bisa untuk menghubungkan antar vlan 1 ke vlan yang lainnya tidak usah membutuhkan sebuah router lagi. Harga switch ini lebih mahal di bandingkan switch unmanageable switch.

~ Unmanageable Switch

Unmanageable Switch adalah sebuah switch yang tidak dapat di atur atau konfigurasi. Jadi saat kita mempunyai Unmanageable switch hanya bisa kita nyalakan dan hubungkan semua kabel UTP ke switch tersebut dan sudah berfungsi dengan baik. Biasanya jenis switch ini di pakai oleh orang - orang yang tidak mau ribet oleh konfigurasi jaringan, jadi ya sekedar PnP ( Plug and Play ). Harga switch ini lebih murah di bandingkan switch manageable.


Ya sekian dari saya tentang materi Router dan Switch
Semoga bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: